Visi & Misi

Visi

“Menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual yang unggul dalam bidang Desain Grafis yang berbasis kekayaan budaya lokal Nusantara, serta berkarakter Bela Negara, di Indonesia pada tahun 2030”.

Gambar 1. Bela Negara
Sumber: M. Bachtiar Hafidz (NPM. 19052010038)

Visi Program Studi tersebut adalah acuan untuk seluruh civitas akademika dalam melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi demi mencapai goals bersama dalam waktu sepuluh tahun ke depan.

Adapun makna dari visi Program Studi Desain Komunikasi Visual adalah sebagai berikut:

  1. Makna unggul dalam bidang Desain Grafis yang berbasis kekayaan budaya lokal Nusantaraadalah memiliki kelebihan dalam hal kompetensi, keahlian, dan profesionalisme di bidang Desain Komunikasi Visual, khususnya desain grafis, dengan memanfaatkan kekayaan lokal Nusantara sebagai ciri khas.
  2. Makna “Berkarakter Bela Negara”. Bela Negara yang dimaksud adalah memiliki ciri khas yang melekat pada program studi terkait nilai-nilai kecintaan terhadap tanah air, serta rela berkorban demi memajukan bangsa dan negara.

Melalui visi ini, pertama, diharapkan lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual tidak hanya memiliki skill dan keilmuan mendesain saja, tetapi juga memiliki kesadaran untuk menggunakan ilmu dan skill yang mereka miliki untuk membangun bangsa dan negaranya. Kedua, melalui visi ini dapat melahirkan lulusan-lulusan yang bangga dalam memanfaatkan seluruh potensi lokal di nusantara sebagai inspirasi dan ciri khas desain yang mereka hasilkan.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan desain grafis yang memanfaatkan kekayaan budaya Nusantara;
  2. Meningkatkan budaya riset desain dalam pengembangan IPTEKS yang berdaya guna untuk kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis riset dan kearifan lokal Nusantara di bidang desain dan seni;
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang baik dan bersih dalam rangka mencapai akuntabilitas pengelolaan anggaran di lingkungan PS DKV;
  5. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia unggul DKV dalam sikap dan tata nilai, unjuk kerja, penguasaan pengetahuan, dan manajerial;
  6. Meningkatkan sistem pengelolaan sarana dan prasarana terpadu di lingkungan PS DKV;
  7. Membangun kerja sama institusional PS DKV dengan stakeholders baik dalam dan luar negeri.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten bidang Desain Komunikasi Visual, khususnya desain grafis dengan ciri khas budaya nusantara dan mampu bersaing di era global;
  2. Menghasilkan penelitian bermutu dan inovasi riset Desain Komunikasi Visual yang berdaya guna untuk kesejahteraan masyarakat;
  3. Mewujudkan kegiatan pengabdian yang dibutuhkan masyarakat dengan berbasis riset dan kearifan lokal bidang Desain Komunikasi Visual;
  4. Mengembangkan tata kelola Program Studi Desain Komunikasi Visual yang baik dan bersih untuk mencapai akuntabilitas pengelolaan anggaran;
  5. Menghasilkan sumber daya manusia unggul Program Studi Desain Komunikasi Visual yang kompeten dan berdaya saing tinggi;
  6. Meningkatkan sarana prasarana Program Studi Desain Komunikasi Visual yang memadai dengan pengelolaan yang efektif dan efisien;
  7. Mengembangkan kerjasama institusional Program Studi Desain Komunikasi Visual dengan stakeholder baik dalam dan luar negeri yang intensif dan menguntungkan kedua belah pihak.