Profil Laboratorium Komputer Grafis

Profil Lab. Komputer Grafis

Untuk memperlancar Kegiatan Belajar Mengajar di Prodi DKV UPN Veteran Jawa timur, maka diperlukan adanya suatu sarana dan prasarana pendukungnya. Pendukung dalam memperlancar kegiatan tersebut bukan hanya dalam bentuk perangkat keras, akan tetapi juga dalam perangkat lunak. Sarana dan prasarana tersebut diperlukan bukan untuk kegiatan yang bersifat teoritis saja, akan tetapi sarana laboratorium yang diperlukan untuk menunjang dan memperdalam teori yang diberikan pada saat perkuliahan.

Laboratorium Komputer Grafis merupakan sarana yang disediakan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan lebih mendalam dalam hal penguasaan olah visual pada komputer (Visual bergerak ataupun Visual tidak bergerak). Dalam praktikum yang diselenggarakan di Laboratorium Komputer Grafis antara lain Praktikum editing visual tidak bergerak yakni digital imaging (MK. Komputer grafis), perwajahan dan layout buku (MK. Komputer grafis), penciptaan karakter/action figure (MK. Animasi 2D), desain game board (MK. game), editing video (MK. Audio visual), olah video animasi/evek visual video/TVC (MK. Videografi)

Kepala Laboratorium Cetak dan Ilustrasi periode 2022 – sekarang:

  • Nama : Alfian Candra Ayuswantana, S.T., M.Ds
  • Dosen : DKV – UPN “Veteran” Jatim
  • Bidang Keahlian : Komputer Grafis
  • Pendidikan : S1 DKV – ITS dan S2 DKV – ITB
  • Instagram : @alf.ayuswantana

Visi dan Misi Lab Komputer Grafis

Visi

Lab Komputer Grafis yang memiliki tujuan sebagai wadah mahasiswa DKV UPN Veteran Jatim mampu mengembangkan segala teknik olah Visual secara digital baik Audio Visual maupun Print Adv/Cetak.

Misi

  • Memfasilitasi riset/penelitian Dosen dan Praktikum Mahasiswa dalam olah visual Editing Video dan Print Advertising.
  • Memberikan gambaran tentang bagaimana aktivitas kerja suatu industri kreatif yang mengharuskan mahasiswa mengikuti pola pengerjaan tugas/project seperti pada industry kreatif. Hal ini berkaitan dengan waktu, Teknik pengerjaan dengan menggunakan software olah Visual.

Ruang Lingkup Praktikum Lab Komputer Grafis

Pada semester ganjil Laboratorium Komputer Grafis, menyelenggarakan praktikum mata kuliah Audio Visual, Videografi, Game board. Sedangkan pada semester genap menyelenggarakan Praktikum mata kuliah Komputer Grafis, Visual motion 2 dimensi. Adapun Sofware yang digunakan yakni : Sketch up, Adobe Potoshop, Adobe Premier, Adobe After Effect, Adobe Audition, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, Corel Draw, dan kegiatan di praktikum Sistem Produksi yang selama ini berjalan terbagi dalam lima modul praktikum.

Kegiatan Lab. Komputer Grafis